Your Ad here ...



Product ...

Services ...

Other things ...

Selasa, 06 November 2007
Salat menghadap ke utara, bolehkah?
Kejadian yang aku alami ini bermula ketika aku ingin solat ashar di tempat kos ku. Sebenarnya aku udah tidak tinggal di kosan ini lagi karena aku lebih senang tinggal di Jakarta. Sore itu aku berniat solat ashar di kamar Ely. Lalu aku pun meminjam mukena Ely dan solat ashar seperti yang biasa aku lakukan sehari-hari. Setelah solat ashar nonton TV dan makan bareng-bareng sampai akhirnya tiba solat magrib.
Begitu adzan magrib berkumandang aku pun bergegas ambil air wudhu untuk menjalankan solat magrib. Kali ini aku akan solat di kamar Yunita,
Alangkah kagetnya ketika aku melewati kamar Ely aku melihat teman Ely solat menghadap ke arah yang berbeda dengan arah ketika aku solat ashar tadi.
”loh tadi aku solatnya ngga ngadep ke situ ” teriakku
”ihh mba yun gimana sih, masa udah bertahun-tahun di kosan ini udah lupa arah kiblat”
Kata temen-temenku.
Jadi tadi itu aku solat menghadap ke utara. Emang sih biasanya kalau aku solat di kamar orang lain aku selalu tanya ke mana arah kiblatnya. Tapi kemarin aku berpikir ”ah aku kan udah biasa solat di sini jadi ga usah tanya arah kiblat”. Jadi gara-gara sifat sok tau ku ini yang membuat aku salah. Dan kejadian solat salah arah beberapa kali aku lakukan. Biasanya sih kalau aku numpang solat aku dikasih tau dulu sama yang punya rumah, atau kalau ngga aku yang tanya kepada mereka. Bahkan waktu numpang solat di rumah muridku yang beragama budha juga aku tanyakan arah matahari terbit dan tenggelamnya agar aku dapat menentukan arah kiblat. Tapi ini, di tempat yang setiap hari aku tinggali, aku malah tidak tahu arah kiblatnya. Keterlaluan.

Pesan moral yang di dapat : Jangan pernah malu untuk bertanya. Dan selalu waspada di rumah sendiri heehehe.

Label: